[Tugas 5 Penkom] Aplikasi Pengolah Data
Halo apa kabar?
Pada minggu ini, saya bakal update tentang aplikasi pengolah data "Microsoft Excel". Adalah sebuah
program atau aplikasi bagian dari paket Microsoft Office berfungsi untuk
mengolah angka menggunakan spradsheet yang terdiri dari baris dan kolom.
Beberapa istilah-istilah dalam Ms. Excel
1. Book
Book atau workbook merupakan tempat dimana kita
bekerja menggunakan excel. Workbook akan disimpan secara default melalui excel.
Pada workbook terdapat kumpalan sheet.
2. Sheet
Sheet atau worksheet atau spreadsheet adalah
lembar kerja elektronik yang ditampilkan dilayar monitor. worksheet digunakan
untuk menyimpan atau mengelola data, formula,grafik dan sebagainya.
3. Row
Row merupakan baris horizontal pada Excel yang diberi nomor dengan angka dan terdapat 1.048.576 baris.
4. Column
Column atau kolom adalah kolom di excel yang
ditandai dengan abjad A sampai dengan abjad XFD atau sekitar 16.384 kolom.
Fungsi-fungsi Dasar
Untuk mengolah angka
dalam Microsoft Excel harus
menggunakan Rumus atau Formula, agar mendapatkan hasil dari input yang
diberikan. Dengan menggunakan Excel, kita dapat memperoleh hasil data lebih
cepat dan efisien.
- Aritmatika adalah Fungsi sangat dasar dalam Microsoft Excel yaitu aritmatika seperti tambah(+), kurang(-), kali(*), bagi(/). Contoh : =A1*(B1+C1)
- Fungsi SUM adalah Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan nilai yang ada pada range tertentu. Contoh : =SUM(B1+B5)
- Fungsi AVERAGE adalah Fungsi Average digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range. Contoh : =AVERAGE(A1:A10)
- Fungsi MAX adalah Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range. Contoh : =MAX(A1:A5)
- Fungsi MIN adalah Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range. Contoh : =MIN(A1:A5)
- Fungsi COUNT adalah Fungsi COUNT digunakan untuk mencari banyaknya data dari suatu range. Contoh : =COUNT(A1:A5)
Fungsi kondisional (IF)
Fungsi IF
memungkinkan kita membuat perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan,
dengan menguji kondisi yang diberikanbenar atau salah.
IF= (sesuatu
adalah benar, lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukan yang lain).
Untuk mencari atau memasukkan data yang telah ditentukan soal kedalam kolom H "Huruf Mutu", kita dapat menggunakan fungsi f.
=IF(G2>=75;"A";IF(G2>=65;"B";IF(G2>=55;"C";IF(G2>=45;"D";"E"))))
Fungsi untuk kolom I (Status Lulus)
=IF(H2="D";"TIDAK LULUS";IF(H2="E";"TIDAK LULUS";"LULUS"))
Fungsi VLOOKUP
Fungsi VLOOKUP adalah bagian dari
fungsi LOOKUP, bersama dengan HLOOKUP,
INDEX, dan MATCH.
Kegunaan fungsi VLOOKUP adalah untuk mencari suatu nilai (lookup_value) pada
range atau tabel (lookup_array), kemudian setelah nilai tersebut ditemukan,
akan memanggil nilai di kolom yang lain dari tabel tersebut berdasarkan urutan
kolom yang diinginkan (col_index_num).
Cara memasukkan data ke kolom N, yaitu
=VLOOKUP(M3;$C$2:$I$11;5)
dan untuk kolom O, yaitu
=VLOOKUP(M3;$C$2:$I$11;7)
Tanda Absolut $
Tanda $ excel ini secara sederhana
membuat alamat sel yang diberi tanda $ dibagian depannya untuk tidak berubah
saat dipindahkan atau di copy ke sel lain. Untuk mempermudah memberikan tanda
dollar pada sel, kita dapat menekai F4 pada keyboard.
Sel absolut ditandai dengan simbol dollar ($), dan memiliki 3 aturan dasar
:
- $A1 : hanya kolom (huruf A) yang terkunci
- A$1 : hanya baris (baris 1) yang terkunci
- $A$1 : absolut mutlak, sel A1 terkunci
fungsi yang dapat digunakan untuk memperoleh hasil seperti gambar diatas
=B$1*$A2
Contoh soal
Untuk mendapatkan hasil seperti gambar di atas, kita dapat menggunakan fungsi berikut
=SUM(C2*$B2%+C2)
Oke guys
Sekian Up saya kali ini, jangan lupa tinggalkan jejak yaaa...
Terimakasih~
Comments
Post a Comment