[TUGAS PENKOM 1] MEMBUAT BLOG

안녕 친구~



Perkenalkan nama saya Elsa Nadya P.E. Pada tahun ini berhasil menjadi mahasiswi disalah satu Universitas Negeri. Doakan semoga saya bisa jalanin dan ngerjain tugas di FMIPA ini ya guys.  Okee, kali ini saya bakal update “cara membuat WordPress” nih. Syarat untuk dapat membuat blog adalah mempunyai email yaa. Semoga dapat membantu teman-teman.


Apa itu wordpress?
WordPress adalah
sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.

WordPress menyediakan dua alamat yang berbeda, yaitu WordPress.com dan WordPress.org : 
  • WordPress.com (WordPress instan) merupakan situs layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automatic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Tapi, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan.
  • WordPress.org (WordPress instal) merupakan wilayah pengembang (developer). Di alamat ini, seseorang dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress.
Berikut cara membuat WordPress gratis di WordPress.com :

Cara Membuat WordPress Gratis
 1. Klik link berikut https://id.wordpress.com/, maka akan muncul halaman seperti gambar 


 setelah itu klik "Mulai". 

2. Setelah itu akan muncul halaman seperti dibawah ini

 
Isilah kolom-kolom tersebut sesuai keinginan anda. Setelah itu klik "Lanjutkan".

3. Masukkanlah alamat blog pilihan anda. Pada kolom alamat blog akan keluar centang hijau jika alamat yang anda masukkan belum digunakan oleh pengguna lain. Apabila telah digunakan pengguna lain, maka akan keluar silang bewarna merah. Anda hanya perlu mengganti alamat blog anda hingga muncul centang hijau. 

 

4. Setelah selesai dengan pengisian alamat blog, selanjutnya akan dialihkan ke halaman berikut
 
Pililhlah "Mulai dengan Gratis", karena kita akan membuat blog WordPress versi gratis. 

5. Setelah itu, anda akan diminta untuk memasukkan alamat email, username, dan password.
 
  • Pada alamat email, pastikan alamat email yang anda masukkan masih aktif. Karena WordPress akan mengirimkan email konfirmasi pendaftaran pada alamat tersebut.
  • Pada kolom nama pengguna (username), pilihlah nama pengguna yang anda sukai. Ingatlah baik-baik nama pengguna yang anda gunakan.
  • Pada kolom kata sandi (password), buatlah kata sandi yang rumit, unik, dan tidak mudah ditebak orang lain, namun mudah anda ingat.
6. Silahkan buka email anda dan konfirmasi pendaftaran WordPress.

7. Setelah anda melakukan konfirmasi, anda akan dialihkan ke blog. Selamat anda telah memiliki blog pribadi. Nah, sekarang waktunya melakukan penyesuaian terhadap blog sesuai selera anda. 
 



Semoga bermanfaat. Jangan lupa ninggalin jejak yaa~ 
Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Musik Keroncong

Pertempuran Medan Area dan Bandung Lautan Api

Download Web Drama Nightmare Teacher

Beberapa Hewan Pendendam

Paus Putih Melukis

7 Pedang Tertajam

Doa Menyembelih Hewan