[Tugas 3 Penkom] Perangkat Lunak Sistem

Yo Yo Yo!!!
Apa kabar chingu?

Nah seperti mingu-minggu sebelumnya, saya kembali dengan membawa materi tentang sistem perangkat lunak khususnya smartphone saya nih. Simak yuk guys....

Sistem Perangkat Lunak Android

Android adalah sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS. Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain.

Android pertama kali dikembangkan oleh perusahaan bernama Android Inc., dan pada tahun 2005 di akuisisi oleh raksasa Internet Google. Android dibuat dengan basis kernel Linux yang telah dimodifikasi, dan untuk setiap release-nya diberi kode nama berdasarkan nama hidangan makanan.

Mari kita jelajahi "about phone" nya saya. Pertama buka pengaturan kemudian pilih pengaturan lainnya.




Pilih "Tentang ponsel"


Maka akan muncul halaman seperti gambar berikut.



File direktori di smartphone menurut saya sangat membantu dalam mencari berbagai file dengan cepat. Karena telah tersusun dan dikelompokkan. 


Selanjutnya kompresi file di android. Di Hp saya ini kebetulan sudah dilengkapi dengan kompresi, jadi tidak perlu download lagi. Jika di Hp teman belum ada kompresi file, silahkan di download saja.
Sebelumnya, kompresi file adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut. Ada terdapat dua jenis pemampatan data, yaitu pemampatan tanpa kehilangan (lossless data compression) dan pemampatan berkehilangan (lossy data compression).

Cara mengkompres file di hp saya, pertama buka aplikasi "Pengelola File" > video 

Pilih file yang akan dikompres. Kali ini saya akan mengompres video. Tekan file yang dipilih selama beberapa detik hingga keluar perintah seperti berikut. Kemudian pilih lainnya

Pilih Kompresi. Kita dapat mengubah nama file sesuai keinginan, setelah selesai tekan Ok.

Maka akan muncul hasil kompresi file seperti berikut.


Fasillitas Utilitas sistem pada android 

Sistem utilitas adalah program-program yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan. Sistem utilitas ada yang internal (bawaan dari OS), ada yang eksternal (program lain). Contoh program bawaan yang ada di smartphone saya




Contoh program eksternal alias saya download sendiri


Sekian postingan saya minggu ini.
Semoga bermanfaat~ TERIMA KASIH



Comments

Popular posts from this blog

Musik Keroncong

Pertempuran Medan Area dan Bandung Lautan Api

Download Web Drama Nightmare Teacher

Paus Putih Melukis

Beberapa Hewan Pendendam

7 Pedang Tertajam

Doa Menyembelih Hewan