3 Mutiara Kesehatan




3 Mutiara Kesehatan

http://www.saranagaya.com/wp-content/uploads/2013/08/gaya-hidup-sehat.gif
Hi~
Setelah sekian lama hiatus, kali ini saya kembali dengan tema “Hidup Sehat”
Apa sih motivasi saya buat hidup sehat?
Motivasi saya adalah supaya tidak menjadi orang yang malas gerak. Ceritanya gini, waktu saya kelas 8 SMP, saya banyak makan, dikit minum, dan malas berolahraga. Tau kan akibatnya? Yap, naik badan saya naik drastis. Kira-kira 12 sampai 14 KG satu tahun itu. Pas kelas 9, baju sekolah saya banyak yang sempit! Bikin gak konsentrasi belajar aja. Mau buat yang baru, tapi tanggung. Jadi kelas 9 itu, saya mati-matian mengurangi porsi makan. Yah Alhamdulillah, baju saya sedikit longgar wkwkwkwk.
Tapi penyakit saya kelas 8, muncul lagi kelas 10. Masa berat badan saya naik 6 KG hanya dalam beberapa bulan saja. Pas berat badan naik, saya murah ngantuk, dan paling malas olahraga. Jangankan olahraga, jalan ke kantin aja ogah. Paling nitip ke teman.
Satu lagi, saya itu suka banget dengan yang namanya kopi. Hampir tiap hari minum kopi. Namun, baru-baru ini saya merasakan efek dari keseringan minum kopi. Coba deh baca
efek minum kopi disini.Dan sekarang lagi mencoba mengurangi mengonsumsi kopi.

Nah ini tips hidup sehat ala saya :

1.     Makan dan Minum Yang Teratur
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa minum air putih itu sekitar 2-3 liter perhari. Banyak banget loh manfaat yang bakal kita dapat kalo minum dengan teratur dan cukup setiap harinya. Contohnya saja, kulit halus, dan berat badan turun. Lebih lengkapnya cek disini. Selain itu, kurangi meminum minuman yang bersoda dan berkafein. Karena kurang baik untuk kesehatan.
Selanjutnya tentang makanan. Makanan yang kita konsumsi harus bergizi dan yang penting sehat. Sebelum teman membeli makanan ringan buat ngemil ada baiknya cek dulu komposisinya. Cek pengawet apa saja yang ada, pewarna, penyedap, dan lain-lain. Dan pikirkan juga efek samping dari zat kimia yang terdapat pada makanan tersebut.Pokoknya, jangan mengonsumsi secara berlebihan.
                Jika teman bukan penggemar makanan ringan, dan paling suka itu makan nasi tetap jaga porsi makan ya. Seperti yang telah disabdakan oleh Rasulullah. Dalam tubuh manusia ada 3 ruang untuk 3 benda :
·         Sepertiga untuk udara
·         Sepertiga untuk air
·         Sepertiga lainnya untuk makanan.

2. Tidur Yang Cukup
Walau kita dianjurkan untuk kerja keras, kadang sampai lembur. Jangan pernah lupakan tidur. Tidur ideal itu ±7-8 jam sehari. Karena saat tidurlah terjadi berbagai hal yang menakjubkan. Setelah browsing di google, saya akan berbagi beberapa manfaatnya:

a.       Dapat meningkatkan daya konsentrasi
b.      Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
c.       Dapat memulihkan jaringan otot
d.      Dapat mempercantik kulit (yang perempuan langsung tertarik nih^^)
e.      Akan menurunkan tekanan darah
f.        Meningkatkan memori
g.       Mencegah peradangan
h.      Memacu kreatifitas
i.         Meningkatkan nilai akademis (saat baca ini saya langsung tertarik,, wkwkwkk)
j.        Mencegah hiperaktif pada anak-anak
k.       Memiliki berat badan yang sehat

Gimana?? Banyak bukan manfaat tidur cukup? Hayo ngaku, teman pada tertarik mulai nyoba tidur cukupkan? Hahahha...
Namun, perlu diingat! Teman jangan sampai lupa waktu. Tidur ideal itu hanya 7-8 jam sehari. Lebih dari kita akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat nanti loh. Selain itu, usahakanlah bangun sebelum subuh. Karena bangun sebelum subuh memiliki banyak sekali manfaatnya! Buannnyyaakkk! Contohnya saja : mendapatkan banyak pahala (jika kita bangun sebelum subuh, maka kita bisa melaksanakan banyak salat sunnah),  kesegaran udara subuh bagus untuk kesehatan atau bisa juga untuk terapi penyakit, dan memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.

3. Olahraga
Seperti yang ketahui bahwa olahraga memiliki banyak khasiatnya. Apalagi yang sedang menjalani program diet, aktivitas ini menjadi tujuan utama selain mengurangi porsi makan tentunya.
Berikut beberapa manfaat yang bakal kita peroleh jika berolahraga secara rutin dan teratur :
ü  Meningkatkan kapasitas otak
  “berolahraga meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak”, kata David atkinson. Serotonin    adalah hormon di otak yang mencakup pengatur stabilitas emosi, pemahaman dan nafsu makan.
ü  Menggerakkan tubuh dapat membantu mengurangi stres
   Berolahraga memiliki efek relaksasi. Sehingga dapat mengurangi stres dan membuat teman menjadi pribadi yang lebih bahagia. Kondisi ini dapat membuat hubungan kita dengan orang lain semakin baik.
ü  Berolahraga akan memberikan energi
Meski hanya 30 menit sehari, dapat mengubah hari kita sepanjang hari. Ketika endorphin dilepaskan kedalam darah selama berolahraga, seseorang akan merasa lebih energik sepanjang hari. Endorphin merupakan senyawa kimia yang ada dalam otak kita yang dapat membuat otak menjadi rileks.
ü  Dapat melawan penyakit
Berolahraga dapat memperlambat dan mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan lain-lain. Olahraga juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
ü  Akan memperbaiki diet
Otot membakar lebih banyak kalori dari tubuh saat sedang beristirahat. Dan dengan berolahraga kita juga dapat membakar kalori.
Selain itu, berolahraga juga dapat menutrisi kulit, mengurangi jerawat, mengencangkan kulit, merangsang pembentukan kolagen. Olahraga yang baik adalah jika kita mampu meningkatkan detak jantung 40-60 persen dari kondisi normal. Minimal berolahraga adalah 3 kali seminggu minimal 30 menit per hari.

Nah pertanyaannya, gimana caranya agar kita dapat melakukan secara konsisten?
Awalnya memang rada susah, karena banyaknya godaan yang meruntuhkan pendirian (?). apalagi gaya hidup yang dulu sudah mendarah daging. Tapi coba yakinkan diri kita bahwa kita bisa, dan ini juga untuk diri kita sendiri. 
Kalau cara saya sih gini :
1.       Tentang makanan dan minuman
Makanan. Saya minta tolong ke orang tua buat selalu mengingatkan bahwa saya sedang mengurangi porsi makan dan menghindari makanan ringan. Selain ke orang tua, saya juga minta tolong ke saudara, dan sahabat-sahabat. Saat melihat makan, sebut saja mie saya langsung gatal untuk langsung membelinya. Tapi mereka gak ngebolehin. Dan seiring berjalannya waktu, akhirnya saya mulai terbiasa. Karena baru menjalankan program ini, saya baru mendapatkan keuntungannya. Seperti berat badan turun, pelajaran lebih mudah dipahami, dan sudah tidak terlalu mager lagi.

Selanjutnya tentang minuman. Biasanya, sehari itu saya hanya minum kurang dari satu lliter! Akibatnya saya sering ngemil, karena ngira lagi lapar padalah cuma haus. Saya terinspirasi untuk minum sesuai yang dianjurkan itu baru dua minggu yang lalu. Tapi manfaatnya sudah mulai terasa. Seperti gak sembelit, jerawat berkurang, dan tentunya berat badan juga turun!!!
Biasanya, saat pagi hari saya minum setengah liter, siang satu setengah liter, dan malamya setengah hingga satu liter. Cobain deh!

2.       Tentang tidur
Menurut saya ini hal paling susah diubah. Karena sudah terbiasa dengan tidur larut malam, minggu pertama saat mencoba teori ini sangat susah untuk dilakukan walau mata sudah dipaksa untuk ditutup. Tapi yang namanya godaan pasti ada dong?
Kalau saya, cara tidur tepat waktu itu jangan menunda buat tugas. Salah satu faktor tidur telat itu karena ngerjain tugas. Selain itu, beberapa jam sebelum tidur, minum susu dulu. Karena dengan mengkonsumsi susu sebelum tidur dapat merilekskan badan saat tertidur. Dan yang terakhir adalah jangan memikirkan hal yang berat-barat.
3.       Tentang olahraga
   Cara konsisten melakukan olahraga adalah selalu ingat manfaat yang bakal didapat kalau olahraga rutin dan teratur. Kalau saya sering melakukan olahraga pada pagi hari. Dan paling lama itu di hari minggu.

Oiya, karena bulan juni saya bakal ujian semester 2. Saya mohon doa dari teman semua agar saya dapat menjawabnya dengan baik dan benar sehingga saya mendapat nilai yang memuaskan serta naik kelas. Amin...
Sekian tips hidup sehat ala saya (chacanadya). Semoga bermanfaat. Jika ada kesalahan saya mohon maaf dan silahkan tinggalkan saran serta komentar di kolom komentar.
Mampir lagi ya^^
Terimakasih~

Postingan ini diikutsertakan dalam #HealthAgent Nutrifood

Comments

Popular posts from this blog

Musik Keroncong

Pertempuran Medan Area dan Bandung Lautan Api

Download Web Drama Nightmare Teacher

Beberapa Hewan Pendendam

Paus Putih Melukis

7 Pedang Tertajam

Doa Menyembelih Hewan