Burung Terbang Lintasi Benua?


CALIFORNIA - Burung langka asal Inggris bernama Red-neck Phalarope memecahkan rekor terbang terjauh. Burung dengan bobot tak lebih berat dari sebungkus chips kentang ini mampu terbang sejauh 16 ribu mil atau sekitar 25.749 kilometer, dari Shetland hingga Peru.

Peneliti memasangkan perangkat pendeteksi jarak di punggung burung tersebut sehingga bisa memonitor pergerakkannya. Burung yang memiliki nama latin Phalaropus Lobatus ini memulai perjalanannya dari Kepulauan
Shetland bagian barat Benua Eropa menuju Peru yang bertempat di bagian selatan Benua Amerika.

Burung tersebut terbang untuk bermigrasi menyebrangi perairan Atlantis Utara melalui Iceland dan Greenland. Burung kecil itu terbang menyusuri daerah pantai timur Amerika Serikat, terus menuju Meksiko dan menuju Kuba. Kemudian menyebrangi Perairan Karibia sebelum tiba di Peru. Tak berhenti sampai di situ, burung kecil yang tak lebih berat dari penjepit kertas ini bahkan kembali lagi ke Shetland dengan menggunakan jalur yang sama. "Ia pulang ke Shetland dengan keadaan selamat," kata peneliti Malcolm Smith seperti dikutip DailyMail, Senin (13/1/2014).

Burung yang memiliki bulu berwarna merah melingkar di lehernya ini merupakan burung yang sudah tak banyak ditemukan di Inggris. Tercatat hanya ada sekira 15 sarang burung Red-neck Phalarope yang tersebar di seluruh wilayah Inggris. Burung ini diperkirakan pergi ke Peru untuk bergabung dengan burung Phalarope Skandinavia di Laut Arab untuk menghabiskan musim dingin.


sumber: okezon.com

Comments

Popular posts from this blog

Musik Keroncong

Pertempuran Medan Area dan Bandung Lautan Api

Download Web Drama Nightmare Teacher

Tokek dan 7 Mitosnya

7 Pedang Tertajam

5 Manfaat Mempunyai Kuku Pendek

Paus Putih Melukis